Startup

Sharing is caring!

Hasil gambar untuk startup

Menurut Wikipedia, Startup merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Namun dalam dunia bisnis dapat diartikan sebagai suatu terobosan atau inovasi yang diciptakan dan dikembangkan untuk memecahkan permasalahan sosial yang ada.  Startup biasanya lahir dari ide gila seseorang yang ingin memecahkan permasalahan sosial yang ada di sekelilingnya.  ( Fenox Venture Capital ). Startup sendiri sebenarnya salah satu bagian dari e-commerce atau perdagangan online yang berkembang saat ini.

Perkembangan Dunia Startup di Indonesia

Perkembangan Startup di Indonesia bisa dikatakan cukup pesat menggembirakan. Setiap tahun bahkan setiap bulan banyak founder-founder (pemilik) Startup baru bermunculan. Menurut dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.

Berdasarkan beberapa riset, pada tahun 2013 saja diperkirakan pengguna internet di Indonesia mencapai 70 juta orang, bisa dibayangkan berapa jumlah user internet Indonesia beberapa tahun kedepan. Selain itu daya beli masyarakat yang meningkat seiring dengan naiknya pendapatan per kapita masyarakat negeri ini ikut mempengaruhi perkembangan industri digital.

Berikut ini adalah daftar perusahaan startup Lokal

  • Go-jek  ( Nadiem Nakariem & Michael Angelo Moran )

  • Tokopedia  ( William Tanuwijaya &  Leontinus Alpha Edison )

  • Bukalapak  ( Ahmad Zaky )

  • Traveloka  ( Derianto Kusuma & Ferry Unardi )

  • Kaskus  ( Andrew Darlis & Ken Lean Lawadinata )

Di beberapa negara maju seperti di Amerika Serikat  para founder perusahaan startup membangun satu komunitas perusahaan, mereka berkumpul dan membangun kantor di satu kawasan yang sama yaitu  Silicon Valley.  Sedangkan di Jakarta ada tempat yang merupakan tempat berkumpulnya perusahaan yaitu Slipicon Valley, kawasan Slipi saat ini telah menjadi kantor pusat perusahaan startup Indonesia seperti, Blibli, Tokopedia, Traveloka, dan Shopee.  Namun tempat tersebut terbentuk karena unsur ketidaksengajaan alias kebetulan saja, semoga saja di Indonesia ada tempat khusus untuk perusahaaan startup.

 

Cover art